Pakaian Tradisional Maluku Utara

Manteren Lamo sudah ada semenjak Kesultanan Ternate dan Tidore masih berdiri. Berbagai aksesoris juga ditambahkan pada kebaya hitam ini untuk melengkapi nilai keindahannya.

Pakaian Adat Maluku Pakaian Tradisional Maluku Baju Adat Maluku Jpg 302 633 Klederdracht Molukken Mensen

3122020 Pakaian Adat Maluku Utara.

Pakaian tradisional maluku utara. Baju tradisional Maluku ini merupakan pakaian berwarna hitam dengan model lengan panjang. Pakaian adat maluku utara maluku utara adalah provinsi yang baru terbentuk pada 4 oktober 1999 lalu. Pakaian yang di pakai oleh sultan disebut dengan Manteren.

Pakaian adatnya pun berbeda tergantung acara adat atau kegiatan yang dilakukan. Namun Manteren Lamo menjadi pakaian adat yang cukup dikenal masyarakat Maluku Utara dan Indonesia. Warna merah pada jas melambangkan keperkasaan dan kekuasaan sang sultan.

Pakaian adat Maluku Utara ini terdiri dari jas tertutup berwarna merah dengan 9 kancing besar yang terbuat dari perak dan ujung tangan leher serta saku jas bagian luar dihiasi dengan bordir dan pernik keemasan. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Maluku Utara masih melestarikan budaya leluhur salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian adat. Setelah sebelumnya dituliskan tentang keragaman Busana Tradisional Daerah Maluku artikel ini akan membahas busana tradisional Maluku Utara.

10212016 Pakaian Manteren Lamo Sultan adalah pakaian adat tradisional Maluku Utara yang terdiri atas celana panjang hitam dengan bis merah memanjang dari atas ke bawah baju berbentuk jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari perak berjumlah sembilan. Baju ini dibuat menggunakan bahan brokat hitam yang dikombinasikan dengan kain sarung. Pakaian adat Maluku Utara ini terdiri dari jas tertutup berwarna merah dengan 9 kancing besar yang terbuat dari perak dan ujung tangan leher serta saku jas bagian luar dihiasi dengan bordir dan pernik keemasan.

Banyak kesamaan meski tetap ada nuansa berbeda. Menariknya sampai saat ini masyarakat di Maluku Utara masih sering menggunakan baju adatnya terutama pada saat acara adat istiadat atau acar formal. Saat itu pakaian tradisional ini menjadi salah satu pakaian kerajaan.

Pakaian in terdiri dari jas tertutup berwarna merah dilengkapi dengan 9 buah kancing besar yang terbuat dari perak juga ujung tangan leher serta saku jas bagian luar dihiasi dengan pernak dan border keemasan. Bagi remaka putri biasanya menenakan kain panjang dan Kimun Gia Kancing atau Kebaya Panjang yang disertai dengan aksesoris taksuma dan alas kaki mirip. Pakaian ini disebut Baju Koja yang terdiri dari jubah panjang dengan paduan celana panjang berwarna polos seperti putih atau hitam.

Keberadaannya harus selalu dilestarikan dari masa ke masa sampai kepada generasi selanjutnya. Untuk istrinya sultan memakai kebaya panjang atau Kimun Gia. Pakaian untuk sultan bernama Manteren Lamo.

Merujuk kepada pengertian umum versi Wikipedia pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Provinsi ini memisahkan diri dari provinsi maluku melalui otonomi daerah dan. Namun pada dasarnya baju adat resminya adalah baju Cale.

PAKAIAN ADAT MALUKU UTARA 1. Ada beberapa provinsi di Indonesia yang memiliki lebih dari satu set pakaian adat salah satunya Maluku Utara. Pakaian Manteren Lamo Sultan adalah pakaian adat tradisional Maluku Utara yang terdiri atas celana panjang hitam dengan bis merah memanjang dari atas ke bawah baju berbentuk jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari perak berjumlah sembilan.

Sedangkan khusus bagian ujung tangan saku dan leher jas semuanya berwarna merah. Provinsi ini memiliki beberapa set baju adat yang digunakan berdasarkan kasta. Pakaian Manteren Lamo Sultan dan Kimun Gia Permaisuri Sejarah kerajaan Ternate dan Tidore di masa silam masih meninggalkan sebuah aturan bagi sultan dan permaisuri kerajaan untuk mengenakan pakaian kebesarannya.

Warna merah pada jas melambangkan keperkasaan dan kekuasaan sang sultan. Warna merah pada jas menggambarkan makna keperkasaan dan kekuasaan sang sultan. 1112019 1Pakaian Adat Sultan dan Permaisuri Maluku Utara.

Kemudian untuk atasan pakaian berupa jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari bahan perak sebanyak sembilan. Ujung tangan leher dan saku jas bagian luar dihias memakai bordir dan pernik keemasan. Aksesoris yang dipakai itu antara lain adalah kain lenso dan celana hitam.

Sementara itu leher jas ujung tangan dan saku jas yang terletak di bagian luar berwarna merah. Tidak lengkap dan tidak juga mencakup semuanya namun sekiranya bisa menjadi gambaran awal bagi siapapun yang ingin mengetahui pakaian. 222021 Pakaian tradisional Maluku Utara untuk para remaja disebut baju Koja yang dikenakan dan dipasangkan dengan bawahan celana panjang putih atau hitam yang dilengkapi toala palulu di bagian kepala.

822018 Pakaian adat Maluku Ambon merupakan budaya Indonesia yang menjadi salah satu bagian khazanah kekayaaan nusantara. Tidak lupa sebuah Toa Pulu atau penutup kepala menjadi aksesoris wajib yang menunjukkan kemegahan pakaian tersebut. 322020 Provinsi Maluku Utara memiliki beragam pakaian adat karena memang adat ritual dan juga kepercayaannya berbeda-beda.

7232020 Manteren Lamo adalah pakaian adat tradisional Maluku Utara terdiri dari celana hitam panjang dan bis merah memanjang dari atas sampai ke bawah. Adapun pakaian untuk para Sultan disebut dengan nama Menteran Lamo. 1152021 Meski secara politis terpisah ikatan sejarah budaya masyarakat sangat kuat.

Demikian juga dengan pakaian tradisional atau busana adatnya. Pakaian adat Maluku Utara tersebut terdiri dari jas tertutup dengan warna merah yang memiliki 9 kancing besar dan dibuat dari perak. Di provinsi ini tinggal beragam suku bangsa dengan budayanya masing masing.

Seperti halnya pakaian adat di ternate dan tidore.

Pakaian Pernikahan Adat Pakaian Pakaian Wanita Pakaian Pernikahan

Pakaian Adat Maluku Utara Pakaian Indonesia Kota

Kemewahan Kesultanan Ternate Dalam Baju Adat Ternate Model Pakaian Pakaian Pakaian Tari

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia 7 Comments Seni Budaya Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisio Pakaian Sejarah Mode Gambar

Traditional Clothing Of North Maluku Molukken Mensen Cultuur

Baju Adat Ternate Pengantin Gambar Perkawinan

Pakaian Adat Maluku Menggambar Pakaian Pakaian Gambar

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Aceh Dar Tarian Gambar Upacara Perkawinan

Provinsi Sumatera Utara Pakaian Adat Tradisional Ulos Menggambar Pakaian Pakaian Tradisional Pakaian


LihatTutupKomentar