Pakaian Tradisional Sulsel

Saat pertunjukkan Tarian Pattennung ini diiringi oleh instrumen alat musik tradisional Suling dan Gendang. 3222019 Keunikan pakaian adat tradisional daerah Sulawesi Selatan berhasil kami kumpulkan untuk para pembaca yang budiman.

Sewa Baju Bodo Sewa Baju Makassar Sewa Baju Bugis Sewa Baju Adat Bugis Sewa Pelaminan Bugis Baju Bodo Bodo Baju Bodo Modern

Busana khusus Pengantin dari Indonesia yang paling akhir yakni pakaian tradisi Bodo yang dari Sulsel Sulawesi Selatan.

Pakaian tradisional sulsel. Saat ini senjata tradisional dipakai sebagai pelengkap dalam pakaian adat. Keris yang dikenakan yaitu keris dengan kepala dan sarung yang dibuat dari bahan emas. Keunikan ini menjadi ciri khas yang melekat pada busana tersebut.

Bahan dasar yang kerap digunakan untuk membuat baju Labbu adalah kain sutera tipis berwarna tua dengan corak bunga-bunga. Gelang sebagai pelengkap Pakaian tradisional Sulawesi Selatan yang dikenakan yaitu gelang bermotif naga dan dibuat dari emas sehingga gelang ini diberi nama gelang ponto naga. Baju Bodo merupakan pakaian adat Sulsel yang memiliki sejarah panjang bahkan telah ada jauh sebelum masuknya agama Islam pada abad ke-17.

Selain oleh para pemain mattojang yang mengenakan busana adat yakni sarung sutra dan baju bodo baju khas Bugis Makassar mattojang ini juga ramai dimainkan oleh para undangan. 4192021 Rumah adat Suku Bugis dalam pembangunannya selain dipengaruhi budaya tradisional mereka pula dipengaruhi agama Islam. Di sela-sela perayaan HUT Sulsel ke-348 di rumah jabatan Gubernur Sulsel mattojang pencak silat dan mappadendang turut meramaikan.

Keris tersebut dinamakan pasattimpo atau tatarapeng. Baju bodo hanya dikenakan oleh wanita Makassar sementara para prianya mengenakan pakaian adat yang bernama baju bella dada. Sulawesi Selatan memang memiliki berbagai budaya yang cukup populer mulai dari rumah Tongkonan hingga pakaian adatnya.

Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia. 1132021 Pengrajin Pakaian Pengantin Tradisional Khas Bodo SulSel Negara Indonesia sesungguhnya populer dengan keanekaragamannya terbukti bahwa di Indonesia sendiri ada 5 agama yaitu Khatolik Kristen Islam Budha dan Hindu. Turut pula beberapa aksesoris seperti kalung tradisional kandaure sebuah selempang sabuk sarung tradisional kain penutup kepala dan keris yang biasa disebut dengan gayang.

Adapun penari pattennung menggunakan pakaian adat khas Sulawesi Selatan yaitu berupa baju bodo panjang lipaq sabbe sarung curak lakba serta hiasan bangkara rante mabule pontoyang digunakan dalam tari pattenun. Nama itu merujuk pada lengan baju yang pendek hanya setengah bagian siku. Nampak seluruh para tamu undangan mengenakan pakaian tradisional yang berasal dari beberapa daerah dari Sulawesi Selatan.

Rumah adat Sulawesi Selatan yang satu tersebut cukup unik. Mereka rupanya juga mau uji nyali main ayunan di ketinggian 11. Baju ini dikenakan bersama paroci celana lipa garusuk kain sarung dan passapu tutup kepala seperti peci.

Busana satu ini yakni model baju paling tua di Indonesia yang punya wujud layaknya segi empat. 10142018 Baju Labbu atau disebut juga baju Bodo panjang merupakan pakaian adat khas Makassar Sulawesi Selatan. Contoh Rencong Aceh Keris Jawa Mandau Kalimantan Badik Betawi Clurit Madura Badik Sulsel Jenawi Riau dan Trisula Sumsel.

Dan dengan keunikan ini pula pakaian adat Sulawesi Selatan bisa terus dilestarikan sampai keanak cucu generasi selanjutnya. 992019 Banyak hal yang dapat kita pelajari dari mengenai pakaian tradisional Sulawesi Selatan. Kemudian kita bisa membandingkan dengan pakaian yang berada didaerah lain seperti pakaian adat Aceh pakaian adat Betawi dan sebagainya.

Istilah bodo yang menjadi nama baju wanita ini berarti pendek. Pakaian tradisional ini biasanya berbentuk baju kurung berlengan panjang dan ketat mulai dari siku sampai pergelangan tangan. Suku Gorontalo suku Bolaang Mangondow suku Minahasa dan suku Sangihe Talaud.

Bajunya sendiri berbentuk segi empat. Pakaian adat dari Sulawesi Selatan memiliki keunikan dimana corak khasnya ketimur-timuran dipadukan dengan corak khas warga setempat. Baju Pengantin Tradisional Khas Bodo SulSel.

Pakaian adat khas Sangihe ini terbuat dari serta kofo atau serat tanaman pisang terkuat. Pakaian Adat Sulawesi Utara Sulawesi Utara merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang penduduknya terdiri dari suku dan etnis yang heterogen. 9242020 Perbandingan Motif Pakaian Tradisi Bodo Sulawesi Selatan.

Setelah membandingkan mulai dari baju. Baju Bodo adalah pakaian tradisional perempuan suku Bugis Makassar Sulawesi dan Bugis Pagatan Kalimantan Indonesia. 10112018 Penari memakain pakaian adat khas Sulawesi Selatan yaitu berupa baju Bodo Panjang Lipaq Sabbe sarung Curak Lakba serta hiasan Bangkara Rante Mabule Ponto yang digunakan.

Pakaian Pria dalam Adat Sulawesi Selatan. Dulu baju bodo bisa dipakai tanpa penutup payudara. Serta musik tradisional Pakacapi.

Adapun properti yang digunakan berupa sarung lempar. Serat ini kemudian di tenun dan dipintal untuk menjadi selembar pakaian yang dikenal dengan busan Laku Tepu. Baju bodo berbentuk segi empat biasanya berlengan pendek yaitu setengah atas bagian siku lengan.

Hal tersebut karena Islam sudah membudaya dan dapat dilihat dari mereka membangun rumah yang kebanyakan berorientasi ke arah kiblat. 12172019 6 Pakaian Adat Tradisional Sulawesi Selatan. Seperti baju tutu dan baju bodo dari Suku Bugis Makassar baju pattuqduq towaine dari Suku Mandar Baju Pokko dan baju Seppa Tallung dari Suku toraja.

Tak hanya itu agar tamu bisa mengenal kebudayaan Makassar lebih dalam lagi manajemen Aryaduta juga menyiapkan kuliner khas Sulsel di area lobi yaitu barongko dan saraba. Dengan mengenalnya kita akan belajar sejarah dan kekayaan budaya Indonesia dari masa ke masa. 7252020 Ciri khasnya adalah satu set baju tradisional dan celana selutut dengan motif tradsional berwarna merah kuning atau putih.

Semua agama pasti punya ajaran yang berbeda-beda tapi tujuannya tetap mirip yaitu mengusung nialai kebaikan. 422021 Euforia hari istimewa tersebut ditunjukkan Aryaduta Makassar melalui penyambutan tamu oleh staf yang secara khusus mengenakan pakaian tradisional Baju Bodo. Terkait dengan properti mereka memakai sarung lempar.

Ada empat suku mayoritas yang berada di wilayah ini antara lain. 12232019 Pakaian tradisional ini berasal dari Suku Sangihe Talaud dan sering digunakan saat upacara Tulude.

Bajubodo Makassar Traditional Ap Wanita Pakaian Tradisional Pakaian Wanita

Annisamutiaraputri Bajuadat Bajubodo Tradisional Makassar Indonesia Webstagram The Best Instagram Viewer Indonesian Clothing Kebaya Cool Outfits

Baju Bodo Warna Hitam Kenapa Tidak Pakaian Tradisional Gaun Batik Menggambar Pakaian

6 Pakaian Adat Tradisional Sulawesi Selatan Celebes Pakaian Perhiasan Lengan Baju Tutu

Download Makassar Traditional Cloth Stock Illustration 170446330 Illustration Fashion Design Fashion Art Illustration Makassar

Toraja Portrait Lemo Sulawesi Selatan Indonesia By Bertrand Devimeux Pakaian Tradisional Kostum Tari Wanita

Baju Bodo Mode Wanita Model Baju Wanita Perempuan

Baju Adat Dari Makassar Di Modifikasikan Dengan Hijab Pakaian Pengantin Gaya Pengantin

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Menggambar Pakaian Pakaian Pakaian Tradisional


LihatTutupKomentar